Laman

Jumat, 16 Desember 2011

Arbain Imam Husein as dan Jabir bin Abdullah Al-Anshari

Oleh: Saleh Lapadi dan Emi Nur Hayati

Istilah Arbain yang berarti "empat puluh hari" memiliki nilai khusus di tengah-tengah budaya umat Islam. Bila salah satu keluarga muslim meninggal dunia, maka para ahli waris akan memperingati duka kematian keluarganya sejak hari pertama kematian sampai hari ketujuh. Setelah itu peringatan duka akan dilaksanakan kembali pada hari ke empat puluh kematiannya keluarganya. Dalam memperingati hari keempat puluh kematian keluarganya, ahli waris mengeluarkan sedekah dan kebaikan, menyelenggarakan majlis tahlil dan doa yang pahalanya di niatkan untuk almarhum dengan  mengundang para tetangga terdekat, kerabat dan sanak famili.

Istilah Arbain ini juga bisa kita temui pada budaya Asyura. Dalam budaya Asyura, Arbain berarti hari keempat puluh syahidnya Imam Husein as di Karbala. Arbain Imam Husein as bertepatan dengan tanggal 10 Safar. Pada hari ini para pecinta keluarga Rasulullah Saw seluruh dunia kembali menyelenggarakan duka syahidnya Imam Husein as. Para pecinta Keluarga Rasulullah Saw kembali mengenang perjuangan dan pengorbanan Imam Husein dan para sahabatnya dalam menegakkan Islam. Peringatan Arbain menjadi ajang para pecinta keluarga Rasulullah Saw untuk memperbarui baiatnya kepada mereka. Meski peristiwa Karbala sudah ratusan tahun berlalu, peringatan Arbain sebagai manifestasi kecintaan para pecinta keluarga Rasulullah Saw.

Arbain pertama Imam Husein as di Karbala dihadiri Jabir bin Abdullah Anshari. Jabir bin Abdullah Anshari adalah salah satu sahabat setia Rasulullah Saw yang berumur panjang. Ia lahir di Madinah pada tahun 15 sebelum hijrah dari keluarga Khazraj. Ayahnya bernama Abdullah bin Amr, penduduk Madinah yang pertama kali menerima ajakan Rasulullah Saw dan memeluk Islam sebelum hijrah.

Suatu hari Rasulullah Saw bersabda kepada Jabir: "Hai Jabir! Engkau akan berumur panjang sampai bisa menemui anakku Muhammad bin Ali bin Husein bin Ali bin Abi Thalib. Di dalam Taurat dikenal dengan nama Baqir. Sampaikan salamku padanya bila kau menemuinya!"

Beberapa tahun berikutnya, Jabir menemui Imam Ali Zainul Abidin as dan mendapati seorang anak duduk di samping beliau. Jabir memanggil untuk mendekatinya kemudian berkata, "Demi Tuhannya Ka'bah, engkau mirip sekali dengan Rasulullah Saw! Kemudian Jabir menghadap Imam Zainul Abidin as seraya bertanya, "Siapakah ini? Imam Zainul Abidin as menjawab, "Ini adalah putraku dan imam setelahku, namanya Muhammad Baqir."

Jabir bangun dan sungkem di hadapan Imam Baqir as dan menciumnya seraya berkata: "Jiwaku untukmu wahai putra Rasulullah! Aku sampaikan salam ayahmu. Sesungguhnya Rasulullah Saw menyampaikan salam untukmu. Kedua mata Imam Baqir penuh dengan genangan air mata seraya berkata, "Wahai Jabir! Salam senantiasa untuk ayahku Rasulullah Saw selama langit dan bumi masih tegak. Dan salam untukmu wahai Jabir yang telah menyampaikan salam kepadaku." (Allamah Majlisi, Bihar al-Anwar, jilid 46, 223-224, hadis 1)
         
Pada Arbain tahun 61Hq, Jabir bin Abdullah Anshari datang menziarahi makam Imam Husein as di Karbala bersama Athiyah bin Saad bin Junadah Aufi. Athiyah adalah salah satu ilmuwan, mufassir dan ahli hadis yang lahir pada zaman pemerintahan Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalis as. Ketika Athiyah lahir ayahnya pergi menemui Imam Ali as seraya berkata, "Wahai Amirul Mukminin, Allah telah mengangnugerahkan anak kepada saya, tolong beri nama untuknya!" Imam Ali as berkata:,"Anak ini adalah Athiyatullah (pemberian Allah)." Imam Ali as menamakannya dengan kata-kata yang diucapkannya yaitu Athiyah. (Dr. Mohammad Ibrahim Ayati, Barresi-ye Tarikh-e Asyura)

Terkait ziarah Arbain yang dilakukan Jabir di makam Imam Husein as di Karbala, Athiyah meriwayatkan:

"Aku bersama Jabir bin Abdullah Anshari menziarahi makam Imam Husein as. Ketika kami sampai di Karbala, Jabir mendekati sungat Furat dan mandi. Kemudian memakai pakaian (semacam pakaian ihram) satu helai dibalutkan di pinggang dan satu helai lainnya dipakai di pundak dan badannya. Setelah itu mengeluarkan wewangian berupa tepung (akar pohon berbau wangi) dari kantongnya, kemudian memakainya. Ia bergerak menuju makam Imam Husein as dalam kondisi mengucapkan zikir seraya berkata, "Bawa aku ke makam Husein sehingga aku bisa memegangnya!" (kata-kata ini diucapkan oleh Jabir karena matanya sudah buta).

Aku gandeng tangannya dan kuantar dia sampai ke makam Imam Husein as. Karena saking sedihnya ia pingsan dan jatuh di atas makam. Aku percikkan air ke wajahnya. Ketika siuman ia berkata, "Apakah kekasih tidak menjawab kekasihnya?"

Kemudian Jabir berkata, "Bagaimana engkau bisa menjawab, sementara urat badan dan lehermu terputus dan lehermu bergelimang darah. Kepalamu terpisah dari badanmu. Aku bersaksi, engkau adalah putra sebaik-baik nabi. Engkau adalah pemimpin orang-orang mukmin. Engkau adalah teladan takwa. Engkau adalah anak para pemberi petunjuk dan pemimpin. Engkau adalah orang kelima ahli kisa'. Engkau adalah putra Ali bin Abi Thalib. Engkau adalah putra penghulu para wanita. Bagaimana engkau tidak menjadi demikin? Sementara engkau disuap dengan tangan pemimpin para nabi. Engkau diasuh dalam pangkuan orang yang bertakwa. Engkau disusui dengan keimanan dan disapih dengan keislaman. Engkau hidup dan mati dalam keadaan suci.

Hati orang-orang mukmin terbakar karena berpisah darimu. Mereka yakin engkau hidup. Salam dan kebahagiaan dari Allah untukmu. Aku bersaksi, kisahmu seperti kisah syahidnya Nabi Yahya bin Zakaria, dimana thagut di zamannya telah memenggal kepalanya."

Selanjutnya Aufi meriwayatkan:
"Kemudian Jabir memperhatikan makam para syuhada Karbala di sekitar makam Imam Husein dan menziarahinya seraya berkata, "Salam untuk kalian ruh-ruh yang berada di sekitar makam Imam Husein as. Kalian telah menidurkan onta-onta kalian demi dia. Aku bersaksi, kalian telah menunaikan shalat, membayar zakat dan melaksanakan amar makruf dan nahi mungkar. Kalian berperang melawan orang-orang yang sesat. Kalian telah menyembah Allah hingga datang kematian kalian. Demi Allah yang telah mengutus Muhammad Saw dengan benar. Kami bersama kalian dalam segala hal yang kalian alami."

Athiyah Aufi berkata, "Aku bertanya kepada Jabir, "Bagaimana kita bisa bersama mereka para syuhada Karbala? Sementara kita tidak bersama mereka dan tidak mengayunkan pedang sebagaimana mereka. Bahkan para syuhada ini telah berkorban, dimana kepala-kepala mereka terpenggal, anak-anak mereka menjadi yatim dan istri-istri mereka menjadi janda!?"

Jabir menjawab, "Hai Athiyah, aku mendengar sendiri dari Rasulullah Saw bersabda, "Barang siapa yang mencintai sebuah kaum, maka ia akan dibangkitkan bersama kaum tersebut. Barang siapa yang menyukai perbuatan sebuah kaum, maka ia terhitung sebagai mitra mereka dalam perbuatan tersebut. Demi Allah yang telah mengutus Muhammad Saw dengan benar, niatku dan niat para sahabatku sama seperti niatnya Imam Husein as dan niat para sahabatnya. Atas niat itulah mereka mencapai kesyahidan." (Nafs al-Mahmum, hal. 322 dinukil oleh Mustafa Ghulam Huseini, Akharin Sahabi Wa Nakhostin Zaere Huseini, hal. 2)

Jabir telah melaksanakan wasiat Rasulullah Saw sebagai peziarah pertama makam Imam Husein as dan berhasil mendirikan sunnah besar ini di masa-masa sulit zaman itu. Wasiat Rasulullah Saw sebagai berikut, "Hai Jabir, ziarahilah makam Husein karena sesungguhnya pahala menziarahinya sama dengan menunaikan haji sunnah sebanyak seratus kali. Sesungguhnya makam Husein bin Ali adalah sebuah taman dari taman-taman di surga dan sesungguhnya tanah Karbala terhitung sebagai tanah surga."  (Mustafa Ghulam Huseini, Akharin Sahabi Wa Nakhostin Zaere Huseini, hal. 2) 

Sumber

Selasa, 06 Desember 2011

Keutamaan Imam Husein as, Cucu Rasul saw.

Peristiwa sebelum, disaat dan sesudah terbunuhnya Imam Husain as di Karbala serta keutamaan-keutamaan Beliau yang telah disabdakan oleh Rasulullah saw, dapat dilihat pada sumber-sumber di bawah ini:
1. Shahih bukhari juz 4 hlm 51
2. Musnad Ahmad juz 7 hlm 271
3. Mustadrak Shohihain juz 3 hlm 386-387
4. Sunan Tirmidzi juz 5 hlm 426
5. Sunan Ibn Majah juz 1 hlm 44
6. Majmauz Zawaid juz 9 hlm 300-323
7. Siyaru A'lamin Nubala' juz 4 hlm 353-372
8. Al Ishobah Juz 1 hlm 498-500
9. Tarikh damsyiq juz 14 hlm 187-200
10. Usdul Ghobah juz 1 hlm 569-571
11. Kanzul ummal juz 11 hlm 58-59
12. Tarikh Ya'qubi juz 2 hlm 241-253
13. Bidayah wan Nihayah juz 5 hlm 707-713
14. Tarikh Kamil juz 3 hlm 407-447
15. Tarikh Thobari juz 3 hlm 331-374
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Shalat Adalah Mirajnya Orang Mukmin

Umat manusia akan menempuh perjalanan panjang dan membosankan dalam mencapai kesejahteraan dan keselamatan hakiki. Semua itu seyogyanya menjadi tujuan serta maksud dari keberadaannya.
Namun, pada kenyataannya, jalan menuju tujuan tersebut tidak hanya satu. Dengan kata lain, banyak tersedia jalan lain yang mengarah ke sana; sebagiannya sangat gamblang dan menarik, sebagian lain berbahaya, dan sisanya samar-samar.
Keadaan ini tentu akan menyulitkan sekaligus membingungkan siapapun yang bermaksud menempuh jalan yang benar. Untuk membebaskan diri dari kebimbangan tersebut, seseorang tentu memerlukan kejelasan tentang tujuan akhir, peta yang baik, serta petunjuk arah yang sesuai.
Ibadah shalat lima waktu memberi ruh berbagai santapan bergizi, ibarat memberi tubuh makanan bergizi beberapa kali dalam sehari. Setiap kali menunaikan ibadah shalat, seseorang sangat dianjurkan untuk mengumandangkan ayat-ayat suci Al Quran.
Maksudnya agar orang-orang yang menunaikan shalat menjadi akrab dengan Al Quran dan memikirkan segenap konsepnya yang mendasar.

Dikutip dari buku Rahasia Shalat karya Imam Ali khamenei.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Senin, 05 Desember 2011

Jenis-jenis Iblis

1. Iblis Zailatun
Iblis yang bertugas menjerumuskan para pedagang agar berbuat curang

2. Iblis Wawatsin
Iblis yang bertugas menggoda orang yang beriman agar mengeluh, tidak sabar dan tidak ikhlas.

3. Iblis Akwan
Iblis yang menyesatkan dan memengaruhi remaja dan pemimpin umat agar berbuat zhalim dan berbuat maksiat.

4. Iblis Hafaf
Iblis yang bertugas membuat manusia minum khamer.

5. Iblis Wamurah
Iblis yang melenakan manusia dengan lagu dan syair

6. Iblis Laqwas
Iblis yang memengaruhi manusia agar tetap kafir dan musyrik.

7. Iblis A'war
Iblis yang memengaruhi agar berbuat zina

8. Iblis al Wasnan
Iblis yang bertugas membuat malas beribadah

9. Iblis Dasim
Iblis yang menggoda suami istri agar melakukan penyelewengan.

Dikutip dari buku Biografi Iblis karya Yenni YP.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT