Laman

Senin, 06 September 2010

'AS melancarkan perang urat saraf di Timur Tengah'

Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad (L) dan Emir Qatar
Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani di Doha pada tanggal 5 September
Presiden Iran mengatakan Amerika Serikat sedang mencoba untuk melancarkan perang psikologis di Timur Tengah, memperkuat hubungan dengan Qatar dapat meningkatkan stabilitas regional dan menangkal ancaman tersebut.

"Memperluas ruang lingkup kerjasama antara Iran dan Qatar, dapat menciptakan keamanan abadi di wilayah tersebut dan mengurangi ancaman dari luar," kata Mahmoud Ahmadinejad dalam pertemuan dengan para pejabat senior di Doha pada hari Minggu.


Emir Qatar Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani menyambut ajakan tersebut dan menekankan bahwa hubungan bilateral lebih menguntungkan kedua negara, website presiden Iran melaporkan.

Ahmadinejad menambahkan tindakan militer terhadap Republik Islam akan mengakibatkan runtuhnya hegemoni AS di seluruh dunia.

Dia menekankan bahwa setiap tindakan militer terhadap Iran juga akan menyebabkan penghapusan Israel dari dunia "geo-politik."

Presiden melanjutkan untuk dicatat bahwa kekuatan tertentu yang ingin memulai perang baru di Timur Tengah, tetapi menekankan kemampuan menyerang Iran sejak militer Iran secara efektif dapat menghilangkan efek serangan apapun.

Kedua pejabat setuju bahwa keamanan kawasan Teluk Persia akan dipertahankan habis-habisan melalui ekonomi, budaya, dan kerjasama pertahanan.

Sebelumnya pada bulan Februari, Iran dan Qatar telah menandatangani kesepakatan pertahanan selama kunjungan Menteri Pertahanan Iran Ahmad Vahidi ke Doha.

Sementara itu, Deputi Menteri Keamanan Dalam Negeri Negeri Ali Abdollahi, yang akan mendampingi presiden dalam perjalanan itu, mengatakan kepada IRNA bahwa kedua belah pihak telah menyetujui pelaksanaan nota pemahaman baru (MOU) pada keamanan regional.

Abdollahi membuat komentar dalam pertemuan dengan Menteri Negara Qatar Negeri Sheikh Nasser bin Abdullah bin Khalifa Al Thani pada hari Minggu.

Memandang MOU kerjasama di memfasilitasi prosedur visa untuk pelaku bisnis Iran dan mengambil langkah-langkah tegas untuk memerangi perdagangan narkotika di perbatasan.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar